Sabtu, 01 Oktober 2016

Wisata Budaya Kampung Naga

Wisata Budaya Kampung Naga. Budaya sunda memang sangat kental di Jawa Barat. keberadaan budaya sunda yang dimiliki oleh Jawa Barat ini tentu sangat mendongkrak sektor ekonomi khususnya pariwisata. Memang tak banyak orang yang tau tentang desa – desa yang menonjolkan kearifan lokal khususnya budaya sunda ini. namun, di daerah Tasikmalaya terdapat salah satu desa yang masih memegang teguh budaya sunda yang masih kental.
wisata kampung naga

Ya desa ini bernama Kampung Naga. Kampung Naga ini terletak di desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. sepeti hal nya pemukiman Badui yang ada di Banten, Kampung Naga ini pun menjadi salah satu destinasi wisata budaya yang kerap dikunjungi oleh para pelancong dari luar kota. Secara geografis desa ini terletak diantara lembah yang menghimpit kawasan tersebut. Yang menjadi keunikan dari desa ini adalah masyarakatnya yang masih memegang kearifan lokalnya yang telah mereka jaga sejak dahulu.

Kampung Naga ini dihuni oleh 311 penduduk. Hal unik yang tedapat di desa ini adalah masih belum tersentuhnya oleh budaya modern. Masyarakat yang tinggal disini tidak menggunakan peralatan elektronik untuk menunjang kehidupan sehari – harinya. Jadi bila anda yang ingin datang kesini, anda akan disuguhkan dengan kicauan suara burung yang menemani anda selama berada di kawasan Kampung Naga. Desa ini menyimpan keindahan alam yang sangat asri dengan dikelilingi oleh perbukitan hijau dan pohon yang menjulang tinggi di sekitarnya. Di sebelah barat terdapat makam leluhur kampung naga yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Ada pula hutan larangan yang bagi sebagian orang tidak boleh dikunjungi karena mengandung unsur mistik yang sangat kuat. 
Anda pun bisa tinggal di desa ini untuk beberapa hari, namun sebelumnya anda harus meminta ijin terlebih dahulu kepada para pejabat setempat. Warga Kampung Naga akan menyambut anda dengan penuh keramahan. Rumah – rumah penduduk di desa ini pun terbuat dari kayu dan bambu dengan atap dari daun kelapa atau nipah. Bentuknya pun menyesuaikan dengan rumah adat tradisional sunda yakni rumah panggung.

Rute menuju desa adat Kampung Naga

Untuk bisa mengunjungi desa wisata Kampung Naga, anda hanya membutuhkan waktu 3 – 4 jam dari Bandung. Letak Kampung Naga ini berada di sebelah kiri jalan. Sesaat sebelum memasuki lokasi ini anda harus melapor terlebih dahulu kepada petugas setempat. Dan disinipun tidak ada plang desa wisata. Anda akan menuruni anak tangga yang sudah di tembok ini. uniknya banyak dari wisatawan yang datang menghitung anak tangga tersebut, namun hasilnya selalu berbeda – beda setiap orangnya. 
Bagi anda yang berada di Bandung atau Jakarta, anda bisa berkunjung ke desa wisata Kampung Naga ini dengan menggunakan jasa sewa mobil bandung. Atau bila anda yang datang dengan jumlah yang sangat banyak, anda bisa menggunakan jasa sewa bus bandung. Perjalanan anda menuju objek wisata Kampung Naga akan terasa nyaman dengan unit yang kami tawarkan. Jangan sungkan untuk segera menghubungi kami.

Official Website : www.transbandung.com

Romeltea Media
Aneka Ragam Wisata Indonesia | Trans Bandung Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Posting Komentar

 
back to top